Sunday, June 5, 2016

Tips Agar Supaya Tanaman Mangga Berbuah Lebat dan Banyak

Tips Agar Supaya Tanaman Mangga Berbuah Lebat dan Banyak

Tanaman mangga adalah tanaman yang mudah ditanam. Pemeliharaan tanaman ini pun tidak begitu sulit. Sifatnya yang bandel terhadap hama dan penyakit juga membuat tanaman ini sering dimanfaatkan banyak orang sebagai penghias halaman rumah. Apalagi tanaman mangga ini dapat menghasilkan buah yang berukuran besar yang memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi. Bagaimana caranya agar supaya tanaman mangga ini mampu berbuah lebat? 

Bila dirawat dengan metode yang tepat, tanaman mangga ini mampu menghasilkan buah yang lebih lebat. Jika umumnya tanaman mangga yang anda miliki hanya mampu berbuah sedikit, maka dengan memberikannya perlakuan khusus seperti penggunaan pupuk yang tepat dan zat perangsang tumbuh (ZPT) yang pas, maka tanaman tersebut bisa menghasilkan buah mangga yang banyak. 

Berikut beberapa tips yang dapat direkomendasikan: 

1. Pemangkasan Cabang Tanaman Selepas Pemanenan.
Tips pertama yang dapat anda lakukan untuk memicu tanaman mangga berbuah lebat yaitu memangkas bagian cabang dan ranting tanamannya secara periodik. yang bertujuan dari agar tanaman tersebut memiliki bentuk yang proporsional dan dipenuhi cabang-cabang muda yang siap berproduksi. Pemangkasan dilakukan pada bagian cabang yang sudah tidak produktif lagi, berusia tua, berpenyakit, dan tumbuh dengan tidak normal. Pemangkasan sebaiknya dilakukan setiap kali selesai masa panen tanaman mangga.

2. Penaburan Kapur Pertanian atau Dolomit Di sekitas Media Tanam
Kapur pertanian atau dolomit berguna untuk meningkatkan tingkat keasaman tanah. Perlu diketahui, salah satu faktor penyebab sedikitnya kwantitas buah yang dihasilkan tanaman mangga adalah sifat media tanamnya yang telah berubah menjadi asam dan tidak ideal. Oleh karena itu, agar supaya kondisi tanah menjadi normal kembali, cobalah menaburkan dolomit/kapur pertanian di sekeliling pokok batang utama. Dosis yang direkomendasikan yaitu 0,25 kg untuk setiap tanaman atau sesuai dengan karakteristik media tanam yang digunakan. Hindari pemberian dolomit dalam jumlah yang besar karena malah akan mematikan tanaman itu sendiri.

3. Pemberian Pupuk NPK Secara Rutin
Tanaman mangga membutuhkan nutrisi yang cukup memadai untuk dapat menghasilkan buah-buah yang lebat. Selain penggunaan pupuk kompos, salah satu pupuk yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman sekaligus merangsang agar cepat berbuah adalah pupuk NPK. Pemberian pupuk ini secara umum dilakukan ketika 15 hari setelah penaburan dolomit dengan dosis sebanyak 0,25 kg/tanaman. Dan tak kalah penting adalah penyiraman tanaman mangga setiap 2 kali sehari agar penyerapan nutrisi pupuknya berlangsung lebih optimal. Pemupukan ulang dapat dilakukan pada 2 bulan ke steleahnya dengan dosis yang sama dan tidak perlu diawali dengan pengapuran.



No comments:

Post a Comment